Emosi Dalam Bisnis
Emosi memicu kreativitas dan inovasi. Emosi mengaktifkan nilai-nilai etika, mendorong atau mempercepat penalaran, membangun kepercayaan & keakraban, memotivasi dan membuat kita nyata dan hidup dalam berbisnis.
Josh Hammond “ Emosi adalah sesuatu yg punya makna penting bagi perusahaan, emosi adalah pengorganisasian yg hebat dalam bidang pikiran & perbuatan”.
Robert K Cooper “ emosi lebih jujur daripada pikiran atau nalar & memiliki kedalaman & kekuatan maka penalaran dan rasionalitas tidak dapat dipisahkan. Dalam bahasa latin, emosi dikatakan sebagai Motus Anima yg artinya jiwa yg menggerakkan kita.
Selama ini, Emosi lebih dianggap lambang kelemahan, padahal, menurut Cooper, emosi itu adalah sumber energi sementara Voltaire berpendapat emosi itu adalah bahan bakar. Sehingga berbisnis tanpa disertai dengan emosi seolah tanpa ada gairah.
Emosi penting sebagai nilai-nilai pengaktif untuk nilai-nilai etika. Misalnya kepercayaan, integritas, empati, keuletan, & kredibilitas serta untuk modal sosial.
Comments
Post a Comment